Untitled Document

 

Kode Etik Member proSMART

KETENTUAN UMUM
1

PT. TATAP ABADI SENTOSA adalah perusahaan multilevel marketing resmi, selanjutnya disebut dengan Brand/Merk Dagang proSMART, yang berkantor pusat di Jalan JEND.A.YANI NO.279, Bandung.

2

Distributor proSMART adalah seseorang yang telah resmi terdaftar sebagai distributor di proSMART dan telah mendapatkan nomor keanggotaan dari dan dikeluarkan oleh PT. TATAP ABADI SENTOSA.

3
Setiap orang yang berusia minimal 18 tahun (delapanbelas) tahun yang dapat memohon menjadi distributor proSMART dengan mengisi formulir pendaftaran secara benar sesuai dengan system dan mekanisme yang diatur oleh PT. TATAP ABADI SENTOSA serta membayar administrasi pendaftaran.
4

Setiap orang yang mengajukan permohonan, harus memiliki/menunjuk seorang mitra/sponsor.

5
Setelah mengisi formulir pendaftaran, itu diartikan orang tersebut telah setuju dan paham dengan semua ketentuan yang ada pada kebijakan dan peraturan perusahaan.
6
Seorang distributor proSMART hanya berhak atas satu nomor keanggotaan, tidak diperbolehkan mendaftar memiliki keanggotaan lebih dari 1 (satu ).
7
Perusahaan mempunyai hak untuk menerima atau menolak aplikasi permohonan tanpa harus memberikan alasan apapun atas penerimaan atau penolakan tersebut.
8
Para distributor proSMART adalah usahawan independen yang bukan merupakan agen atau karyawan perusahaan melainkan sebagai distributor independen sehingga perusahaan tidak bertanggung-jawab atas asuransi, pajak ataupun sejenisnya.
9
Keanggotaan sebagai distributor berlaku seumur hidup selama yang bersangkutan tidakmelakukan pelanggaran aturan yang sudah ditentukan oleh PT. TATAP ABADI SENTOSA dan atau melakukan perbuatan yang merugikan nama baik proSMART / PT. TATAP ABADI SENTOSA.

 

HAK DISTRIBUTOR
1

Mensponsori, memprospek calon anggota di seluruh wilayah Indonesia.

2

Membeli produk-produk PT. TATAP ABADI SENTOSA / proSMART dengan harga distributor.

3
Mendapatkan keuntungan langsung dari penjualan.
4

Mendapatkan komisi sesuai ketentuan dalam rencana pemasaran (Marketing Plan).

5
Mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan.
6
Menghadiri acara-acara yang diselenggarakan oleh PT. TATAP ABADI SENTOSA.
7
Mewariskan keanggotannya pada ahli waris yang sah.
8
Hak keanggotaannya hanya milik distributor dan tidak bisa digunakan orang lain.
9
Mendapatkan penjelasan dari perusahaanPT. TATAP ABADI SENTOSA tentang produk dan skema kompensasi.

 

KEWAJIBAN DISTRIBUTOR
1

Mematuhi ketentuan Kode Etik Distributor dan perundang-undangan yang berlaku.

2

Bersikap santun, jujur, profesional dan bersungguh-sungguh menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan dimata masyarakat dan menghindari tindakan/sikap yang akan merusak citra PT. TATATP ABADI SENTOSA/ProSMARTserta distributor lainnya.

3
Memahami dan mengerti informasi produk secara benar dan akurat, hak dan kewajiban dan rencana pemasaran dengan tidak berlebihan.
4

Menjaga hubungan baik dengan sesama distributor dan karyawan PT. TATAP ABADI SENTOSA.

5
Melaporkan setiap ada pemindahan alamat dan domisilinya.

 

HAL-HAL YANG DILARANG
1

Menyatakan diri sebagai karyawan atau bagian dari organisasi perusahaan.

2

Bertindak mewakili perusahaan dalam suatu kegiatan, pembuatan perjanjian, wawancara dan atau promosi dalam bentuk apapun kecuali mendapat izin tertulis dari perusahaan.

3
Segala bentuk penyalahgunaan, pembelian Berlebihan, Penataan Jaringan, Force Matrix dan atau Pembuatan Sistem di dalam system.
4

Menjual produk-produk PT. TATAP ABADI SENTOSA /proSMART tidak sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.

5
Menjual atau memasarkan produk-produk PT. TATAP ABADI SENTOSA yang belum secara resmi diedarkan PT. TATAP ABADI SENTOSA.
6
Menjual atau memasarkan produk � produk PT.TATAP ABADI SENTOSA di apotik, gerai penjualan, Supermarket, Salon dan Toko Obat & Herbal.
7
Merubah, mengurangi, menambahkan sesuatu, memodifikasi, mengganti label dan atau kemasan, isi kemasan produk-produk PT. TATAP ABADI SENTOSA yang diperjualbelikan baik sebagian atau seluruhnya.
8

Memprospek, mempengaruhi atau membujuk orang yang telah menjadi distributor baik secara langsung maupun tidak langsung dengan maksud agar orang tersebut pindah kedalam jaringannya atau jaringan lain. 

9 Menjadi anggota yang ikut secara aktif dalam kegiatan bisnis perusahaan MLM lain.
10 Melakukan penipuan, penghinaan, penganiayaan,provokasi atau tindakan lain yang tergolong tindakan pidana kepada sesama distributor atau karyawan perusahaan.
11 Mengalihkan keanggotaanya kecuali kepada anggota keluarga.
12 Menggandakan materi-materi training, rekaman-rekaman, brosur-brosur, kaset-kaset, video-video, buku-buku, merekam kegiatan atau pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh perusahaan tanpa izin dari perusahaan.
13
Melakukan pembatasan wilayah kepada disributor lainnya serta mengklaim bahwa ia berhak atas suatu kawasan atau wilayah tertentu.

 

PERATURAN SPONSOR
1

Sponsor adalah seorang distributorPT. TATAP ABADI SENTOSA /ProSMART yang memprospek dan mensponsori orang lain yang belum atau tidak lagi menjadi distributor proSMART.

2

Sponsor harus memberikan petunjuk, arahan dan bimbingan yang benar kepada calon distributor serta memberikan pembinaan setelah menjadi distributor.

3

Sponsor tidak dibolehkan memperebutkan calon distributor, jika ada dua orang atau lebih yang telah memprospekdistributor, maka keputusan untuk memilih sponsor diberikan kepada calon distributor tersebut.

4

Sponsor tidak diperbolehkan memasang iklan untuk mencari distributor baru seolah-olah memberikan lowongan pekerjaan.

5
Apabila seseorang distributor menikah atau mempunyai istri/suami yang belum menjadi distributor dan kemudian mendaftar menjadi distributor, maka sponsornya haruslah pasangan dari istri/suami tersebut serta harus dalam satu jaringan istri/suami yang lebih dahulu menjadi anggota.
6

Dalam hal dua orang yang telah menjadi distributor menikah, maka mereka dapat memutuskan tetap menjalankan jaringannya masing-masing.

 

PENGAKHIRAN KEANGGOTA
1

Seorang anggota yang ingin mengundurkan diri dari keanggotaan dapat mengajukan permohonan secara tertulis diatas kertas bermaterai secukupnya.

2

Pencabutan keanggotaan dapat dilakukan terhadap anggota yang telah terbukti melakukan pelanggaran terhadap Kode Etik Anggota atau Peraturan Perundang-udangan yang berlaku.

3

Akibat dari pengakhiran keanggotaan, seluruh mitra distributor tersebut akan diberikan kepada mitranya.

4

PT.TATAP ABADI SENTOSA berhak penuh untuk mencabut/menghentikan program benefit/ komisi/fasilitas/incentive/reward program.

 

PENDAFTARAN KEMBALI
1

Seorang distributor proSMART yang telah mengundurkan diri dapat mendaftar kembali menjadi distributor setelah 6 (enam) bulan sejak tanggal penguduran dirinya diberlakukan.

2

Perusahaan mempunyai hak melakukan tindakan apapun terhadap seorang distributor proSMART yang telah mengundurkan diri namun kembali menjadi distributor pada jalur mitra yang berbeda sebelum mencapai batas waktu sekurang-kurangnya selama 6 (enam) bulan sejak tanggal penguduran dirinya diberlakukan.

3

Pendaftaran kembali tersebut akan diperlakukan sebagai distributor proSMART yang baru.

 

KEMATIAN DAN AHLI WARIS
1

Hak atas sebuah bisnis jaringan distributor dapat diwariskan.

2

Bukti legalitas atas ahli waris harus diberikan kepada perusahaan.

3

Perusahaan hanya menerima satu nama ahli waris untuk menggantikan nama distributor yang meninggal dunia.

4
Perusahaan dapat membayar komisi atas bisnis jaringan distributor yang meninggal dunia apabila sang ahli waris mendapat gugatan tertulis dari ahli waris lainnya yang sah secara hukum atau apabila sang ahli waris mengajukan sendiri permohonan pembagian bonusnya dengan ahli waris lainnya yang sah secara tertulis.
5

Apabila terjadi gugatan dari ahli waris lainnya yang sah secara hukum, maka perusahaan akan membekukan sementara seluruh hak penerima waris sampai ada kesepakatan tertulis dari para ahli waris mengenai mekanisme pembayaran hak di antara mereka.

 

SANKSI-SANKSI
1

Perusahaan mempunyai hak untuk memberikan sanksi-sanksi kepada distributor yang terbukti melanggar Kode Etik Distributor berupa :

a.

Pemberian surat teguran.

b.
Pembekuan keanggotaan sementara ( NAS ), serta penundaan pemberian komisi, hak-hak dan atau keuntungan-keuntungan lainnya.
c.

Pencabutan keanggotaan.

2

Distributor yang keberatan dengan pemberian sanksi dapat mengajukan surat keberatan atas pemberian sanksi tersebut dengan menyatakan alasan-alasannya dalam waktu 14 (empat belas) hari sejak menerima surat tersebut.

3

Apabila dalam 14 (empat belas) hari tersebut distributor tidak mengajukan surat keberatan, maka yang bersangkutan dianggap telah menerima pemberian sanksi tersebut dan dengan demikian maka sanksi dapat diberlakukan secara efektif.

 

PENYELESAIAN DAN PERSELISIHAN

Apabila terjadi perselisihan yang dapat disebabkan berbagai hal antara perusahaan dan distributor, perusahaan akan mengupayakan melakukan penyelesaian secara musyawarah antara kedua belah pihak. Dalam upaya tersebut tidak tercapai, penyelesaian perselisihan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

 

PENUTUP
1

PT. TATAP ABADI SENTOSA berhak untuk merubah/menambah/mengurangi/menyempurnakan atau mencabut peraturan yang ada bila dianggap perlu oleh perusahaan untuk lebih menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

2

Peraturan atau panduan perusahaan yang telah diperbaiki/disempurnakan, perusahaan akan mengajukan kepada instansi terkait untuk mendapatkan persetujuan.

 

Copyright � 2014 proSMART.co.id